ROTEC

ROTEC SOIL STABILIZER DI INDONESIA

Bergaransi selama satu tahun dengan minimum pekerjaan perkerasan jalan sepanjang 6km. Sample jalan dapat kami buat sepanjang 100-200m, lebar 6m, dengan syarat dan kondisi *

Bahan atau material perkerasan jalan, bahan additive berbentuk bubuk dengan merek dagang ROTEC adalah soil stabilizer yang berfungsi untuk memadatkan (solidifikasi) dan menstabilkan (stabilizer) tanah secara fisik, dengan kandungan kimia ramah lingkungan untuk merekayasa tanah menjadi sekeras batu, menyingkirkan partikel air (water repelant) membungkus unsur tanah agar tidak mudah tercampur air, tidak akan lembek terutama saat musim penghujan. Membuat unsur tanah (soil) mudah dicampur dengan semen, seperti memadukan pasir dengan semen. Kekuatannya jauh melampaui stabilisasi berbahan baku polimer. Fungsinya mirip pembuatan bata merah, unsur air harus dikeluarkan.

PT. Cahaya Inti Solusindo, divisi pengerasan jalan dengan soil stabilizer Indonesia, adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa konstruksi jalan. Kami mengembangkan teknologi aditif untuk bahan pengerasan jalan dengan nama ROTEC yang dibutuhkan sebagai pendukung prasarana transportasi, menunjang segala kegiatan mobilisasi. Perusahaan telah melakukan riset tentang stabilisasi tanah sejak tahun 2008-2011 guna menyempurnakan formula ROTEC yang ideal untuk daerah sub tropical yang memiliki curah hujan tinggi. Perusahaan memiliki catatan prestasi teruji sejak bergerak di bidang konstruksi jalan, diawali pada tahun 2011 hingga saat ini. Beberapa perkebunan besar seperti Sime Darby Group (PT. Minamas Plantation) yang sebelumnya milik salim group, telah diakuisisi oleh Sime Darby Group. Lokasi pekerjaaan telah mencakup wilayah Sumatera, Jambi, Riau hingga beberapa propinsi di Kalimantan.

Dengan dukungan sumber daya manusia yang kompeten pada bidangnya dan kelengkapan sumber daya pendukung, kami siap bekerja sama dengan mitra-mitra bisnis dan memberikan layanan terbaik kami dibidang infrastruktur pengerasan jalan.

Umumnya cara konvesional yang di aplikasi oleh perusahaan yang bergerak di bidang usaha ini menggunakan proses pengerasan dan penimbunan dengan menggunakan batuan (stone bond) yang kita ketahui bersama tidak bisa sama perlakuannya untuk semua jenis tanah yang terdiri dari tanah merah, tanah gambut ataupun tanah jenis marine clay. Sehingga pada musim penghujan selalu menimbulkan permasalahan pelemahan kontur tanah dan ketahanan tahan menahan beban kendaraan yang melintas di atasnya. Untuk tanah gambut dapat diaplikasikan dengan baik setelah CBR (California Bearing Ratio) ditingkatkan jadi 5%.

Tidak bisa dipungkiri akan menimbukan pembiayaan terus-menerus yang sangat besar untuk merawat dan mengembalikan kondisi jalan seperti semula. Efek domino yang ditimbulkan adalah keterlambatan pasokan material untuk produksi, menyebabkan kurang efisiennya armada perusahaan, sehingga merugikan keuangan perusahaan. Tidak sama seperti polymer yang mebutuhkan emulsi, sehingga menyebabkan jalan licin di lintasi sewaktu hujan, dan akan cepat hancur jika di lalui oleh kendaraan dengan beban berat.

Kami melakukan riset selama 3 tahun untuk mengkondisikan jalan melalui teknologi pengerasan yang dapat diaplikasikan untuk seluruh jenis tanah di Indonesia dengan menciptakan produk yang dinamakan ROTEC Soil Stabilizer. Produk aditif ini, dapat diaplikasikan sebagai bahan perkerasan jalan pada jalur transportasi di perkebunan, lokasi tambang, pada perumahan atau cluster, jalan desa, tempat parkir, service road, landasan pesawat, helipad, trotoar, jalur mobil golf, dan lain-lain. Dengan biaya yang lebih rendah dan kecepatan konstruksi yang relaltif lebih cepat di bandingkan dengan pembuatan jalan menggunakan cara konvensional ataupun dengan beton, kami yakin ROTEC soil stabilizer sangat cocok untuk berbagai aplikasi pembuatan jalan untuk menunjang aktifitas mobilisasi.

* Pembuatan sample jalan dilakukan dengan pertimbangan potensi pembuatan jalan. Biaya akomodasi dan alat yang dibutuhkan ditanggung oleh pemilik properti.
Soil Stabilizer
"Soil is an amazing substance. A complex mix of minerals, air, water, and countless microorganisms, soils forms at the surface of land and comes in many types. Put another way, soil is the thin, outermost layer of Earth’s crust, and like our own skin, we can’t live without soil".

www.soils.org