PT Nabire Baru Papua Ciptakan Lapangan Kerja

Jalan Sirtu VS Stabilisasi
February 17, 2017
Perkebunan Sawit
Monitoring Plan PT Agro Bukit Yang Matang
May 4, 2017
Kelapa Sawit Papua

Jumlah lapangan kerja dengan angkatan kerja pada suatu negara sangat berhubungan secara signifikan dengan angka kemakmuran. Semakin rendah jumlah lapangan kerja, maka kemungkinan serapan terhadap angkatan kerja tiap tahunnya semakin kecil. Hal ini bisa jadi memicu rendahnya angka pengangguran, yang menjadi sumber dari berbagai penyebab terjadinya masalah-masalah sosial.

Karenanya, penciptaan lapangan kerja di segala sektor akan menjadi salah satu solusi agar semakin banyak angkatan kerja yang terserap. Kondisi ini, tentu tak mudah, terlebih di era persaingan dalam MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Pasar tenaga kerja adalah pasar terbuka. Dengan kata lain, tentu akan semakin besar tantangan yang harus dihadapi oleh angkatan kerja lokal Indonesia.

Data dari badan pusat statistik menunjukkan, hingga akhir Agustus 2016, hampir seluruh sektor mengalami kenaikan dalam hal serapan tenaga kerja. Tercatat, jumlah penduduk bekerja naik ke angka 3,59 juta orang. Dan jumlah penduduk menganggur menunjukan penurunan hingga sebanyak 530 ribu orang. Angka ini, adalah sebuah prestasi, namun meski demikian, tentu harus dipertahankan agar tetap mampu menyerap tenaga kerja, terlebih seperti dijelaskan diawal, dalam era dimana arus tenaga kerja dari kawasan ASEAN dapat datang dan bekerja di berbagai sektor di negara ini.

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana agar prestasi, sebagaimana ditunjukan dari angka yang dilansir Badan Pusat Statistik (BPS) tersebut dapat tetap terjaga, bahkan meningkat. Salah satunya, adalah dengan menyiapkan masuknya investasi di segala sektor. Beberapa yang difokuskan oleh pemerintah, terutama adalah sektor-sektor dengan potensi serapan tenaga kerja jauh tinggi.

Salah satu sektor utama yang menjadi perhatian pemerintah untuk penanaman modal adalah sektor perkebunan. Berbagai komoditas digarap, kelapa sawit menjadi bagian dari sekian banyak komoditas perkebunan sebagai bagian dari upaya pembukaan lapangan kerja di sektor ini.

Salah satu perkebunan sawit di wilayah Indonesia Timur, tepatnya di Pulau Papua, Kabupaten Nabire dan saat ini sedang berkembang, dalam kerangka menciptakan lapagan pekerjaan bagi warga lokal adalah PT Nabire Baru.

Harapannya, dengan hadirnya perkebunan kelapa sawit PT Nabire Baru, di kawasan kabupaten Nabire, maka serapan angka tenaga kerja, terutama yang berasal dari tenaga lokal dapat terjadi dengan baik. Ini tentu agar seiring dengan data-data membaiknya, serapan tenaga kerja pada akhir tahun yang lalu, dapat terus terjaga. Sehingga kemakmuran masyarakat akan tercapai.

Hal senada juga dilontarkan oleh pihak manajemen. Kehadiran perusahaan perkebunan kelapa sawit ini, adalah salah satu bentuk komitmen untuk mendorong penghidupan warga lokal. Selain agar masyarakat setempat bisa memperoleh pekerjaan tetap, sekaligus juga agar akses untuk berbagai macam pembangunan infrastruktur, termasuk perkerasan jalan atau stabilisasi tanah (soil stabilization) akan bisa terlaksana dengan lebih cepat.

Meski bukan tanpa hambatan, harapan dan semangat untuk mendorong serapan tenaga kerja PT Nabire Baru tetap jadi hal utama. Dengan demikian, berbagai jalan terus diupayakan, mulai dari meningkatkan kapasitas tanam, memberikan beberapa sosialisasi pada karyawan tetap, mengusahakan pengadaan mess tempat tinggal bagi karyawan tetap hingga pembangunan yang menjadi dasar agar sinergi antara perusahaan dengan masyarakat dapat terlaksana dengan baik. Dan tentu saja, tekad dan semangat ini, diharapkan bisa mendapatkan dukungan lebih dari masyarakat setempat, terutama untuk dapat bergandengan tangan seiring sejalan membangun kabupaten Nabire.

Penciptaan lapangan kerja, adalah salah satu isu utama yang perlu untuk terus dikawal dan ditingkatkan. Meski hambatan dan kendala bisa saja muncul, semangat untuk terus bertumbuh tentu tak boleh padam. Hal ini adalah salah satu yang menjadi dasar bagi PT Nabire Baru untuk terus membuka lapangan kerja baru.